Rabu, 13 Mei 2015

Analisa SWOT BEM Fakultas Teknik Universitas Mulawarman







Analisa SWOT BEM Fakultas Teknik Universitas Mulawarman



Eksternal
Internal
S
(STRENGTH)
1.   Merupakan Lembaga kemahasiswaan tertinggi tingkat fakultas
2.   Memiliki senior yang masih aktiv dalam membimbing
3.   Memiliki kader yang militan
4.   Keuangan cukup
5.    
W
(WEAKNESSES)
1.   Kurangnya konsistensi keaktivan kader
2.   Padatnya jadwal akademik
3.   Kurangnya soft skill kader
4.   Kurangnya komunikasi antar organisasi (in/eks)
5.   Kurangnya pemahaman sistem organisasi organisasi (birokrasi, administrasi, dan jalur koordinasi)
6.   Kurangnya wawasan keorganisasian BEM
O
(OPPORTUNITIES)
1.   BEM mimiliki nilai tawar yang tinggi
2.   Memiliki Calon kader yang banyak
3.   Fakultas memiliki keinginan dalam pengembangan BEM
4.   BEM memiliki jaringan Alumni yang luas
5.   Memilki wewenang dalam membuat kegiatan pengembangan SDM diluar mata kuliah
6.   Lembaga tertinggi yang memperjuangkan aspirasi mahasiswa
7.   Penunjang akreditas kampus
SO
(Menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang)
1.   (S1-O1) mensosialisasikan BEM ke Mahasiswa Teknik melalui berbagai media
2.   (S1-O2) memanfaatkan citra BEM sebagai lembaga tertinggi untuk melakukan rekruitmen anggota
3.   (S1-O3) Menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan Fakultas
4.   (S2-O4) memanfaatkan jaringan alumni guna mendukung kinerja BEM
5.   (S3-O2) memanfaatkan kader yang militan untuk merekrut calon kader baru
6.   (S3-O5) menggunakan kader militan untuk membuat kegiatan pengembangan SDM
7.   (S4-O5) optimalisasi keuangan BEM untuk membuat kegiatan pengembangan SDM
WO
(Memanfaatkan Peluang Untuk Mengatasi Kelemahan)
1.   (O1-W1) menanamkan rasa bangga terhadap BEM
2.   (O2-W1)Mengoptimalisasikan fungsi kader
3.   (O3-W1) Meminta support dari fakultas guna menanamkan pada kader akan pentingnya BEM
4.   (O5-W1) Membuat kegiatan yang menarik keaktivan kader
5.   (O2, O5 -W2) membuat jadwal rekruitmen kader yang tidak berbenturan dengan jadwal akdemik
6.   (O2, O5-W3) memberikan materi dalam pengkaderan tentang soft skill
7.   (O2, O5 -W5) memberikan materi dalam pengkaderan tentang alur birokrasi, sistem administrasi dan jalur koordinasi
8.   (O6-W1) menampung  aspirasi atau keluhan atas alasan kader yang menurunkan tingkat keaktivannya
T
(THREATS)
1.   Banyaknya kepentingan eksternal yang mengganggu kondusifitas BEM
2.   Kebijakan kampus yang tidak konsisten
3.   Derasnya arus globalisasi dan informasi budaya yang yang berdampak negative pada perilaku mahasiswa (seperti banyaknya mahasiswa apatis dan mahasiswa hedonis)
ST
(Memanfaatkan Kekuatan Untuk Mengatasi Ancaman)
1.   (S1- T2) aktiv menyikapi kebijakan-kebijakan fakultas yang merugikan mahsiswa
2.   (S2- T1) meminta pandangan atau pendapat atas adanya gangguan pihak eksternal yang mengganggu kondusifitas BEM
3.   (S2-T2) meminta pandangan atau pendapat atas kebijakan-kebijakan fakultas yang merugikan mahsiswa
4.   (S3-T1) bergerak bersama kader militan untuk menetralisir gangguan eksternal
5.   (S3-T3) melakukan kajian bersama kader BEM terhadap kebijakan-kebijakan fakultas
WT
(Mengatasi Kelemahan Untuk Menghindari Ancaman)
1.   (W1-T1) membangun pondasi yang kuat dengan menjaring kader dan membuat kader yang loyal dan total
2.   (W4-T1) membangun komunikasi dan koordinasi yang solid antar lembaga untuk bersatu mengkondusifkan BEM
3.   membangun komunikasi dan koordinasi yang solid antar lembaga untuk bersama-sam mengkaji kebijakan-kebijakan kampus.
4.   Mengajarkan dan memahamkan kepada keder dalam hal birokrasi, administrasi, dan jalur koordinasi serta SOP organisasi


1 komentar: